Kamis, 12 Desember 2013

Pokok Bahasan Selama Kunjungan ke Amerika 07



Selanjutnya adalah diri sendiri harus merasa cukup dan tahu berpuas diri, jangan malah sebaliknya sedang belajar Ajaran Buddha tapi ingin lagi belajar Tantra, untuk belajar Tantra anda harus memiliki kemampuan tersebut. Banyak orang yang ingin belajar Tantra, berharap memperoleh sesuatu, niat awal sedemikian, dengan perasaan………semua ini tidak diperbolehkan! Jika anda menggunakan niat awal sedemikian pergi belajar Tantra, maka takkan membawa manfaat baik bagi diri anda! 

Yang pertama adalah karena penasaran dan rasa ingin tahu. Orang jenis ini banyak jumlahnya dan juga sudah biasa, maka itu ini diakibatkan tidak tahu berpuas diri dan merasa cukup. Begitu melihat bangunan serta dekorasi vihara ala Tantra, orang ini langsung merasa tertarik dan penasaran, maka itu dengan niat awal karena merasa penasaran dan ingin tahu, ini tidak diperbolehkan!

Yang kedua adalah tamak ingin cepat-cepat berhasil. Orang ini mengira dengan belajar Tantra bisa cepat berhasil. Karena itu dengan sikap tergesa-gesa pergi belajar Tantra. Mengira bahwa dirinya bisa cepat berhasil, ini juga adalah demi “diri sendiri” agar cepat berhasil, bukankah ini juga demi kepentingan diri sendiri! Anda memiliki sifat terburu-buru, adalah memberi kesempatan hidup bagi “sel kanker”. 

Yang ketiga adalah ingin mencari pintu tol. Metode pelatihan lainnya sungguh sulit, saya cari yang mudah saja dan sekejab sudah menjadi Buddha, bahkan dengan tubuh ini juga bisa langsung menjadi Buddha, bukankah ini gampang sekali! Maka itu tanpa susah payah berharap memperoleh satu pintu tol. Dengan memperoleh pintu tol, maka diri sendiri boleh bersantai-santai sepanjang hidup, dan bisa menjadi Buddha………..inilah pandangan sesat!

Yang keempat adalah serakah akan kekuatan gaib. Di dalam metode Tantra dapat muncul sedikit kekuatan gaib, maka itu banyak orang yang ingin mendapatkan kekuatan gaib, ini adalah tidak benar! Ini adalah pemikiran paling jahat! Ada juga yang berminat pada hubungan bebas antar pria dan wanita, yakni ingin sekali mempelajarinya, ingin berkesempatan melatihnya. Dan dengan mengandalkan kondisi ini, banyak orang yang menerima murid, di manapun ada. Anda memiliki pemikiran sesat sedemikian, kemudian ketemu guru yang sesat pula, maka ini kompak sekali dan masa depan anda tak perlu dipertanyakan lagi, yakni jatuh ke neraka vajra, dan neraka vajra memang dipersiapkan khusus untuk orang jenis ini, inilah akibat yang amat mengerikan.

Maka itu, jika anda ingin belajar Tantra, saya dapat memberikan bahan pertimbangan dalam memilih guru, asalkan yang “mengumandangkan kekuatan gaib dan hubungan bebas”, anda jangan coba-coba mendekatinya, walaupun guru ini memiliki kekuatan gaib, jika dia menganjurkan hubungan bebas, maka guru yang sedemikian, tak peduli dia berstatus apa, Buddha Hidup apa, Raja Dharma apa, anda cukup berkata padanya : “Maaf, walaupun anda hebat, tapi saya tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk belajar Tantra”. Dan jangan dekati dia, ini yang  paling aman.

Satu contoh lagi: guru saya terdahulu, Master Xu Yun, memiliki seorang murid yang cendekiawan, kemudian Master menyuruhnya bermeditasi. Beberapa bulan kemudian, dia mampu meninggalkan tubuhnya. Maka itu murid-murid lainnya melapor pada guru, kondisi ini perlu diketahui guru. Coba kalian terka apa reaksi Master Xu Yun? “Dia tidak cocok melatih metode ini, cepat ganti metode”.

Ini adalah hal penting yang patut kita ketahui. Orang luar negeri amat menghormati Master Xu Yun! Karena selama ini beliau memang disanjung umat. Jika melatih diri sampai bisa terbang meninggalkan lantai, maka anda dianjurkan untuk segera menghentikan latihan tersebut! Kemudian Master Xu Yun juga mengatakan bahwa metode tersebut tidak cocok buat praktisi tersebut dan harus diganti. Maka itu pada saat sekarang kita harus bermata jeli, barulah dapat membimbing orang lain melatih diri.         
                       
Dikutip dari ceramah Upasaka Huang Nianzu
Judul : Pokok Bahasan Selama Kunjungan ke Amerika



再有就是,自己真正具足,你學佛不但是學佛,而且要學密,你要有這樣的根器。有很多想學密的人,許多有這種願望的、這樣的出發點的、這樣的感情的……都是不相宜的!這樣去學密,你要是不改,你就這麼去學,學來學去,可以說沒有好處的!

第一個就是好奇。這種人多了,也都看慣了,所以不足為奇。到雍和宮(編者按:此乃北京一座著名的藏傳佛教寺院)一看各種建築、各種畫像都很奇,威猛相、雙飛相……於是以這個好奇心出發想學密,這個是不行的!

第二個就是貪求快。都以為密宗修行成就快。於是用一種急躁情緒想學密。以為我很快成就,是為了“自己”很快成就,這不還是為個人打算嗎!你有急躁情緒,就是生了“癌細胞”。

第三個就想找竅門。各種修持都很艱苦,我得有這麼個竅門,我一下子成佛了,而且即身成佛了,那該多好哇!於是就想不費力的得一個竅門。即是得竅門嗎,於是自己便可搖身一變,而成佛了……這本身就是邪見!

第四個是貪求神通異能。密法裏頭可以出一些神通,於是很多人都想得神通,這都是不正確的!有這種想法是最壞的!有些人就是對(男女)雙修有興趣,就是惦記著要學、要有機會修。而現在又迎合了這種情況,很多人就來做表演,就來收徒弟。各處都有。你有這樣的思想,又碰見這樣的師父,正好一拍即合。一拍即合不要緊,那你的這個前途就不要問了。就是金剛地獄。這個金剛地獄就是專給這路人預備的。這是一個極嚴重的後果。

所以,儘管密法是好的,但是我們將來要學密,我給大家提供一點參考,怎麼樣去分辨師父,凡是“玄耀神通,提倡雙修”的,要有這八個字的,你千萬不要去接近,雖然這個師父怎麼有神通,他如果提倡雙修,要是這樣的師父,不管他是什麼牌子、什麼活佛、什麼法王,你就說:“你好,儘管你好,我根器不夠,我不接近。”這是最保險的。

再舉一個例子:我的先師上虛下雲老和尚,有一個知識份子出家了,就叫他打坐參禪。幾個月之後,他就從座位上玄空了,離開座位了。於是大家就報告師父,這種現象必須得讓師父知道。你們猜虛老怎麼說?“他不適合於修這個法,趕緊換法門”。這就是我們要知道的。國外的人對虛老那是敬仰極了!因為他一直是大家尊重的。中間沒有曲折,敬仰極了。這是他的態度。我們一般情況看這個人一坐就能飛空了,就離開地了,這你要修下去,你還得了,這才真是法器!然而,老和尚卻說他不適合修這個法,要換一個法。現在必須要有這個眼光,才能教人學法。

摘自:訪美雜談
 黃念祖老居士主講