Kamis, 27 Maret 2014

Pelimpahan Jasa 07




Tanya Jawab Seputar Pelimpahan Jasa 07

Pertanyaan :

Jika kegiatan vihara hanya setiap hari melafal Amituofo dan membuat pelimpahan jasa, apakah ini juga bisa dijadikan upacara pelimpahan jasa? Apakah boleh menerima biaya pendaftaran dari para umat yang ingin mendaftarkan nama leluhurnya, dan apakah juga boleh mematok harga untuk mendirikan papan nama almarhum?

Master Chin Kung Menjawab :

Di dalam ruang kebaktian melafal Amituofo juga boleh diletakkan papan nama almarhum, tetapi tidak boleh melakukan tata cara upacara yang lain, hanya boleh melafal Amituofo dan pelimpahan jasa. Master Yin Guang pada masa usia lanjutnya di Suzhou, di “Vihara Ling Yan Shan”, beliau juga melakukan hal serupa ini.

Boleh mendirikan papan sembahyang, tetapi sebaiknya jangan memungut bayaran, dampak yang ditimbulkan dari menerima uang itu banyak sekali, maka itu harus berusaha menghindarinya. Dana dari umat adalah sukarela, tidak boleh memaksa, apalagi mematok tarif lebih tidak baik, ini namanya “memperjualbelikan Tathagata”, tidak sesuai dengan Ajaran Buddha.

 “Jushilin Lay Buddhists Society” adalah vihara umat berkeluarga, asalkan vihara yang menyebarkan Ajaran Buddha murni, menyebarkan Buddha Dharma juga memerlukan uang. Maka itu vihara menaruh sebuah kotak dana, agar semua orang bisa menanam ladang berkah, semua orang datang ke vihara berdana dengan sukarela, sama sekali tidak boleh ada unsur paksaan.




問:每日念佛堂迴向時,是否可以代替其餘法事?是否可以接受信眾錢財,並設立牌位檔次價錢?

答:念佛堂裡面可以附帶超薦亡靈,但不舉行任何儀式,就是念佛迴向。往年印光大師在蘇州靈巖山寺,他老人家就是這樣做法。可以立牌位,但是最好不要收錢,收錢的毛病很多,盡可能的避免。供養是隨意,決定不勉強,訂出價錢不好,這是「裨販如來」,不如法。

  居士林是居士道場,只要是正法道場,弘法利生是需要用金錢的。道場裡面可以放一個福田箱,廣種福田,大家到這裡來是隨意供養道場,幫助做弘法利生的事業,絕不帶絲毫的勉強。21-090-0086